Kontan News
  : WIB    --   
indikator  I  
Klinik Keuangan Kontan
Beragam masalah keuangan bisa ditanyakan di sini

Dua pertanyaan penting mengenai MI

Halo Pak Antony,

Ada beberapa pertanyaan yang masih membingungkan tentang reksadana.

1. Apa kita perlu mencari tahu siapa tim investasi yang mengelola reksadana kita? Kalau perlu, bagaimana caranya?

2. Berapa lama sebaiknya kita menilai suatu MI bisa memberikan hasil investasi yang optimal? Maksudnya, apakah ada indikasi yang harus kita pertimbangkan untuk berpindah MI?

Demikian pertanyaan dari saya. Semoga Pak Antony mau menjawabnya.

 

Salam, Ika Partawijaya

Jawaban

Salam Ibu Ika Partawijaya yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaannya, baik buruknya reksadana pasti tidak terlepas dari peran Perusahaan Manajer Investasinya. Peran manajer investasi penting karena tidak hanya menentukan kinerja, tetapi juga memastikan bahwa dana investasi dikelola dengan mengutamakan tugas fidusia (mengutamakan kepentingan nasabah). Perusahaan manajer investasi yang baik memiliki tim pengelola investasi yang mumpuni dan memastikan tugas fidusia dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Mari kita bahas pertanyaan Ibu satu persatu:

1.    Tim investasi yang mengelola reksadana memang perlu untuk ditelaah lebih lanjut, baik dari segi kemampuan mereka dalam mengelola investasi, ataupun dari kredibilitas dan karakter dalam menjalankan tugas fidusia mereka. Tim investasi itu ibarat supir pribadi yang akan kita pekerjakan. Jika ditanyakan pertanyaan yang sama seperti di atas, tentu saja kita harus menelaah karakter dari kandidat supir tersebut dan juga kemampuan dia dalam membawa kendaraan.

Sumber terbaik untuk mencari tahu tentang tim investasi yang mengelola reksadana adalah prospektus dari masing-masing reksadana. Prospektus biasanya dapat dicari di website perusahaan manajer investasi yang bersangkutan.

Pada prakteknya, setelah Ibu mengetahui tim pengelola investasi untuk suatu reksadana, akan tetap sulit untuk menelaah kemampuan ataupun karakter dari tim investasi tersebut. Lebih praktis sepertinya jika Bapak/Ibu memilih reksadana berdasarkan kredibilitas dan pengalaman dari perusahaan manajer investasi yang bertanggung jawab atas reksadana tersebut. Perusahaan manajer investasi yang kredibel akan memastikan bahwa reksadana dikelola oleh tim yang berpengalaman dan mengutamakan tugas fidusia bagi semua nasabahnya.


2.    Reksadana sebaiknya digunakan sebagai sarana investasi jangka panjang. Dalam menilai kinerja Manajer Investasi, kita harus memperhatikan jenis reksadana yang Bapak/Ibu investasikan. Ini penting karena jenis reksadana yang berbeda memiliki tingkat risiko (volatilitas harga) yang berbeda dan karenanya, jangka waktu investasi yang disarankan juga berbeda. Jangka waktu yang tepat untuk menilai kinerja suatu reksadana harus sesuai dengan jangka waktu investasi yang disarankan untuk reksadana tersebut. Jenis reksadana dan jangka waktu investasi yang kami sarankan adalah di bawah ini:

Reksa Dana Pasar Uang

  • Jangka waktu investasi kurang dari 2 tahun

Reksa Dana Pendapatan Tetap

  • Jangka waktu investasi 2 - 5 tahun

Reksa Dana Campuran

  • Jangka waktu investasi lebih dari 5 tahun

Reksa Dana Saham

  • Jangka waktu investasi lebih dari 5 tahun

Setelah suatu reksadana melampaui jangka waktu yang disarankan, kita dapat menganalisa apakah reksadana tersebut sudah menghasilkan return yang sesuai dan bersaing? Informasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan analisa kinerja MI & reksadana, yang dapat dilihat di website penyedia data reksadana seperti Infovesta (www.infovesta.com) ataupun di portal Agen Penjual reksadana (APERD) seperti Bareksa (www.bareksa.com) dan tentunya di media online seperti pada Kontan.co.id (pusatdata.kontan.co.id/reksadana/). Indikasi yang paling sederhana untuk digunakan dalam membandingkan kinerja MI adalah hasil investasi (return) selama 3 atau 5 tahun. Namun sebaiknya Bapak/Ibu juga mempertimbangkan indikasi lain seperti tingkat risiko (volatilitas harga) yang penting diperhatikan terutama jika dana yang diinvestasikan dibutuhkan sewaktu-waktu.

Semoga jawaban kami cukup jelas dan berguna. Semoga sukses dalam berinvestasi di reksa dana.    


Pertanyaan lainnya

Penasaran? tanyakan saja




Feedback   ↑ x